skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Macam-Macam Lupus Dan Penyebabnya

Macam-Macam Lupus dan Penyebabnya

Lupus adalah sebuah penyakit yang menyebabkan kematian hampir setara dengan kanker. Lupus atau dalam bahasa latin berarti “anjing hutan” adalah suatu kondisi yang dikarakteristikkan oleh peradangan kronis dari jaringan-jaringan tubuh yang disebabkan oleh penyakit autoimun.  Di dunia ini hampir 5 juta orang lebih terdeteksi menyandang penyakit ini. Setiap tahunnya ditemukan lebih dari 100.000 penderita baru.  Tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menyerang penyakit, zat asing dan menjaga tubuh kita tetap sehat. Namun pada penderita, sistem imun mereka malah memproduksi antibodi-antibodi yang abnormal, sehingga bukannya menjaga namun malah menggerogoti tubuh sendiri. Penyakit ini memiliki potensi untuk menyerang beragam area-area tubuh, misalkan jantung, kulit, paru-paru, ginjal, persendian, sistem saraf dan lain-lain. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini sering menyerupai gejala penyakit kulit  lain sehingga sangat sulit dibedakan.

Penyakit Lupus ini memiliki tiga macam bentuk, yaitu:

Cutaneus Lupus

jenis ini seringkali mempengaruhi kulit. Gejala yang biasa ditimbulkannya adalah munculnya ruam di leher dan bagian tubuh lainnya. Ruam yang muncul terkadang juga menyebabkan gatal-gatal.

Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Systemic Lupus Erythematosus (SLE) biasanya menyerang organ-organ vital tubuh seperti, paru-paru, darah, jantung, ginjal, otak dan syaraf. Penyakit jenis ini merupakan penyakit yang paling berbahaya dan harus segera ditangani, jika tidak akan menyebakan timbulnya penyakit lainnya.

Drug Induced Lupus (DIL),

Drug Induced Lupus (DIL) disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya obat antibiotik dengan golongan silfa, obat-obatan antiberkulosa seperti INH dan golongan obat hydralazin untuk penyakit hipertensi dan obat-obatan lainnya. Gejala akibat penggunaan obat-obatan umumnya akan menghilang jika anda berhenti mengkonsumsi obat tersebut.

Penyebab dan Gelaja Lupus

Belum diketahui secara pasti apa penyebab seseorang bisa terjangkit penyakit ini. Penyakit ini pada umumnya menyerang wanita, namun juga ada yang menyerang pria.  Faktor genetik, sinar ultraviolet dan obat-obatan sering dikaitkan dengan penyebab penyakit tersebut. Gelaja penyakit ini sangatlah beragam, diantaranya: kulit mudah gosong saat terkena cahaya matahari, timbulnya gangguan pencernaan, sering merasa lelah, demam dan pegal-pegal, anemia, sariawan, rontoknya rambut, jantung berdebar signifikan, sesak napas, muntah, sakit perut, dan munculnya ruam merah pada kulit yang membentang di kedua pipi, mirip dengan kupu-kupu ataupun menyerupai cakram.

Gejala-gejala tersebut tidaklah muncul bersamaan, tergantung bagian mana yang terserang. Misalkan yang diserang jantung, maka jantungnya akan sering berdebar signifikan atau adanya pembengkakan pada kaki. Dikarenakan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini sama dengan penyakit kulit lainnya, maka diperlukan serangkaian tes lab untuk mengetahui seseorang terjangkit penyakit ini.

menghindari Kambuhnya Penyakit Lupus

Penyakit lupus merupakan penyakit jangka panjang atau bisa jadi seumur hidup. Belum ada obat yang spesifik menyembukan penyakit ini, pengobatan biasanya hanya dipusatkan pada penekanan gejala dan mengontrol penyebab respon sistem autoimun, sehingga memperlambat peluasan penyakit ini dan tidak menyerang organ vital tubuh. Sehingga apabila terserang penyakit ini sangat sulit disembuhkan.

Jika seseorang terkena penyakit ini maka dia akan menjadi overacting pada berbagai macam rangsangan. Akibatnya tubuh akan memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang justru melawan jaringan tubuh sendiri. Jika anda menderita penyakit ini maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar penyakit ini tidak muncul, diantaranya:

  • Menghindari Stress,
  • Menjaga agar tidak terkena cahaya matahari secara langsung,
  • Mengurangi beban kerja yang berlebihan, dan
  • Menghindari pemakaian obat-obatan tertentu yang dapat memicu kambuhnya penyakit lupus anda.

Selain itu yang paling penting adalah anda harus mengetahui informasi terbaru dalam perkembangan penyakit ini, sehingga penyakit yang anda derita lebih mudah untuk ditangani. Jika tidak segera ditangani, penyakit lupus dapat memicu timbulnya berbagai penyakit lain pada si penderita. Beberapa obat yang sering digunakan untuk terapi penyakit lupus kulit, yaitu obat sitotoksisk, azathioprine, krisoterapi, glukokortikoid, siklosporin, tetrasiklin, soksisiklin dan niasinamid.

Penyakit lupus bukanlah penyakit yang menular, dan tidak dapat pula dikatakan sebagai penyakit keturunan.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.