skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Dan Penjelasan Tentang Penyakit Lupus

Pengertian dan Penjelasan Tentang Penyakit Lupus

Istilah penyakit ini di ambil dari kata lupus yang dalam bahasalatin berarti anjing hutan,istilah ini di gunakan karena pada umum nya penderita penyakit ini pada memiliki ruam merah yang berbentuk kupu kupu (butterfly rash) di pipi yang serupa pada pipi srigala,tetapi berwarna putih.

Penyakit ini mulai di kenal sekitar satu abad lalu,penyakit ini di anggap mematikan bahkan di anggap setarakan dengan penyakit kanker,karena dalam kebanayakan kasus penderita penyakit lupus banyak yang tidak tertolong,di temukan lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi di setiap tahunnya dan saat ini penderita penyakit ini di dunia tercatat telah melebihi 5 juta orang.

Tanda dan gejala lupus secara umum:

  • Lelah
  • Demam
  • Hilang berat badan atau berat badan meningkat
  • Ruang yang terbentuk seperti kupu kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung
  • Luka pada kulit atau yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari
  • Radang pada mulut
  • Rambut rontok
  • Jari atau kuku yang memutih dan membiru ketika terkena dingin atau setres (Raynaund’s phenomenon)
  • Napas pendek
  • Nyeri pada dada
  • Mata kering
  • Mudah memar
  • GelisaH
  • Depresi
  • Hilang Ingatan

Penyebab Penyakit Lupus

1. Faktor Genetika

Adanya kecenderungan beberapa orang ditakdirkan mengalami dan mengembangkan lupus dalam dirinya. Seperti yang telah saya sampaikan, penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun sebagian orang mengalaminya karena ada faktor genetika.

2. Sinar Matahari

Sinar matahari dapat menjadi salah satu faktor terjadinya lupus. Paparan sinar matahari dapat membawa pada lesi kulit atau memicu respons internal pada orang yang rentan.

3. Konsumsi Obat-obatan

Lupus juga bisa terjadi karena penggunaan obat-obat antibiotik, anti kejang dan obat tekanan darah. Jika gejala terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan jenis ini lebih baik dihentikan terlebiih dahulu karena lupus yang diakibatkan oleh obat-obatan bisa hilang ketika penderita menghentikan penggunaan obat-obatan semacam itu.

Gejala-gejala Pada Penyakit Lupus

  1. Timbulnya Achy Sendi (arthralgia), Arthritis, dan Pembengkakan pada Sendi.

Gejala ini biasanya terjadi pada beberapa bagian tubuh terutama di daerah pergelangan tangan, sendi kecil tangan, siku, lutut, dan pergelangan kaki. Pembengkakakn ini biasanya terjadi karena masalah pada organ ginjal.

Untuk itu sangat diperlukan untuk memperhatikan kesehatan organ tubuh lainnya agar tidak menyebar dan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya. Penting untuk tau menjaga kesehatan ginjal untuk mencegah gejala lupus tumbuh dalam tubuh.

  1. Demam Tinggi

Penderita dapat mengalami gejala seperti demam tinggi dengan suhu tubuh dapat lebih dari 100 derajat F (38 derajat C). Tentunya suhu tubuh yang seperti ini sangatlah tidak normal bahkan melebihi suhu tubun sorang penderita demam berdarah.

  1. Timbulnya Rasa Lelah yang Ekstrem dan Berkepanjangan

Seseorang yang memiliki gangguan dapat mengalami penurunan kapasitas tenaga untuk melakukan suatu kegiatan. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa letih dan lemah pada tubuh.

  1. Masalah Pembekuan Darah yang Abnormal

Seseorang dengan lupus dapat mengalami masalah pembekuan darah akibat terganggunya sistem peredaran darah dalam tubuhnya.

  1. Raynaud Fenomena

Penderita lupus dapat mengalami kejang pada bagian arteri, terutama di jari tangan maupun jari kaki yang menyebabkan kulit menjadi pucat dan munculnya bercak-bercak yang berwarna merah atau kebiruan.

  1. Kejang

Meskipun frekuensinya sangat jarang, namun gejala dapat mengakibatkan sebagian penderitanya mengalami kejang.

  1. Mulut atau Hidung Bisul

Seorang penderita dapat mengalami gangguan timbulnya bisul atau abses choroidal yang disebabkan oleh penyebaran hematogen dari asteroides N. dari infeksi lokal dari paru-paru (empiema)

  1. Timbulnya Lesi Kulit atau Ruam

Hal ini dapat timbul di beberapa bagian tubuh seperti pada lengan, tangan, wajah, leher, maupun punggung. Ruam yang terjadi pada wajah biasanya berbentuk layaknya kupu-kupu dibagian kedua pipi dan hidung.

  1. Anemia

Gejala anemia ini terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen yang dibawa darah untuk disebarkan keseluruh bagian tubuh.

  1. Timbulnya Rasa Nyeri di Dada.

Gangguan ini biasanya dapat berakibat pada saluran pernapasan, seperti timbulnya gangguan sesak napas.

Pengobatan Penyakit Lupus Secara Medis

-Obat anti-inflammatory non steroid (NSAID=non steroid anti-inflammatory drugs)

NSAID Over-the-counter atau yang di jual bebas, seperti naproxen dan ibuprofen, dapat digunakan untuk mengobati nyeri, pembengkakan dan demam yang berhubungan dengan lupus. NSAID yang lebih kuat harus dengan resep dokter. Efek samping dari NSAID antara lain: perdarahan lambung, masalah ginjal dan peningkatan risiko masalah jantung.

-Obat antimalaria

Obat yang biasa digunakan untuk mengobati malaria juga digunakan sebagai obat lupus, seperti hydroxychloroquine (Plaquenil), juga dapat membantu mengendalikan lupus. Efek samping bisa termasuk sakit perut dan, sangat jarang, kerusakan pada retina mata.

-Obat Kortikosteroid

Prednison dan jenis kortikosteroid lain digunakan sebagai obat lupus karena dapat melawan peradangan, tetapi sering menghasilkan efek samping jangka panjang – diantaranya kelebihan berat badan, mudah memar, pengeroposan tulang (osteoporosis), tekanan darah tinggi, diabetes dan meningkatkan risiko infeksi.

Risiko efek samping meningkat seiring dengan besarnya dosis dan terapi jangka panjang.

-Obat Penekan kekebalan tubuh

Obat yang menekan sistem kekebalan tubuh dapat membantu dalam kasus-kasus lupus yang berat. Contohnya siklofosfamid, azathioprine, mycophenolate, leflunomide dan methotrexate. Potensi efek samping dari obat lupus ini antara lain: peningkatan risiko infeksi, kerusakan hati, penurunan kesuburan dan peningkatan risiko kanker.

Sebuah obat baru, belimumab (Benlysta) juga mengurangi gejala lupus pada beberapa orang. Efek sampingnya berupa mual, diare dan demam.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.