skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Lupus Dan Cara Mencegahnya

Penyakit Lupus Dan Cara Mencegahnya

Lupus merupakan penyakit inflamasi kronis akibat sistem kekebalan tubuh keliru sehingga justru menyerang jaringan serta organ tubuh sendiri. Adapun inflamasi yang diakibatkan oleh penyakit ini bisa menyerang pada bagian tubuh, diantaranya yaitu bagian sendi, kulit, paru-paru, sel darah, dan jantung.

Gejala Penyakit Lupus

 

  1. Kelelahan

Ini adalah gejala ringan dari penyaki ini karena orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit tertentu saat merasa kelelahan. Merasa kelelahan bisa melelahkan dan membuat tertidur. Namun Anda sebenarnya bisa melawan rasa lelah dengan tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan aktif.

Tentunya ini tidak nyaman karena tubuh meminta untuk beristirahat saat tidak memberikan apa yang diinginkannya. Jika yakin Anda tidak akan tidur siang terlalu lama, ada baiknya Anda mencobanya. Masalahnya kebanyakan orang yang tidur nyenyak cenderung tidak bisa tidur di malam hari, yang malah lebih parah lagi.

Apalagi, dalam beberapa kasus tidak bisa menyingkirkan perasaan kelelahan meski Anda sudah cukup tidur. Hal ini bisa mengganggu karena Anda tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara normal.

Tingkat kelelahan dari satu orang dengan orang lain mungkin bervariasi, jadi jika merasa kelelahan ekstrem, Anda tidak dapat menahannya, maka temui dokter Anda. Jika kelelahan masih mudah ditangani memungkinkan Anda untuk aktif, Anda sebenarnya bisa mendapatkan energi kembali.

  1. Masalah Pencernaan

Karena lupus memaksa pasien untuk minum obat secara teratur, kadang-kadang menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah dan mual. Mengetahui apakah atau tidak masalah tersebut disebabkan oleh obat-obatan terlarang atau tidak adalah dengan mengetahui kapan mereka pertama kali datang. Jika terjadi setelah Anda mengkonsumsi obat-obatan terlarang, mungkin penyebabnya juga.

  1. Sakit perut

Peradangan peritoneum disertai asites dapat menyebabkan sakit perut. Asites adalah suatu kondisi ketika cairan terbentuk di rongga perut sementara peritoneum adalah bagian dari perut. Ini bisa lebih dari sekedar rasa sakit, tapi bisa juga terjadi pada jenis muntah dan mual. Kondisi ini juga membuat perut Anda empuk.

Namun karena gejala dan pembengkakan semacam itu bisa disebabkan oleh penyakit lain, Anda tidak bisa menilai bahwa Anda hanya menderita lupus karena Anda mengalami perasaan yang sama. Semuanya butuh pemeriksaan kesehatan untuk memastikan.

  1. Ruam berbentuk kupu-kupu

Ini adalah gejala lupus yang paling umum, yang dapat dikenali dengan mudah dan menunjukkan bahwa orang dengan ruam tersebut menderita penyakit ini. Ruam jenis ini bisa tiba-tiba terjadi di daerah pipi dan hidung atau hanya bisa muncul saat kulit terkena sinar matahari.

  1. Gatal pada kulit

Tidak hanya demam berbentuk kupu-kupu yang terjadi di pipi, tapi juga gatal-gatal di bagian lain tubuh Anda bisa terjadi sebagai tanda lupus.

  1. Asam perut

Lupus juga mempengaruhi sistem gastrointestinal Anda dengan menyebabkan kerongkongan terjadi. Peradangan semacam itu mempengaruhi asam dalam perut kembali ke kerongkongan yang menyebabkan sensasi terbakar. Tidak hanya kerongkongan yang meradang menyebabkan asam refluks, tapi juga bisa menyebabkan disfagia atau kesulitan menelan.

  1. Masalah Hati

Asites yang disebutkan di atas, suatu kondisi saat cairan terbentuk di rongga perut, bisa menyebabkan hati membesar. Selain itu, pembuluh darah di dekat hati bisa menggumpal selama lupus karena peradangan hati yang diakibatkan.

Apalagi ada juga kemungkinan ikterus yang bisa dilihat dari warna kulit Anda saat sedang berubah kekuningan. Sekali lagi, semua kondisi ini harus diperiksa dengan baik untuk mendiagnosis penyebabnya karena lupus bukan satu-satunya.

  1. Bisul diperut

Salah satu pengobatannya adalah NSAIDS. Perawatan ini menyebabkan sakit maag dengan perdarahan sebagai salah satu gejala. Ada juga bakteri yang hidup di perut, yang biasa terjadi pada penderita, yang disebut bakteri helicobacter pylori, yang menyebabkan borok. Ada beberapa solusi untuk kondisi ini dan bisa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Cara Mencegahnya Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan zat kekebalan tubuh sehingga menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Kerusakan jaringan yang disebabkan oleh lupus ini sangat mematikan dan tidak sedikit orang yang mati karena penyakit lupus.

Namun tenang saja karena penyakit ini bukan penyakit yang menular, hanya saja perlu penanganan yang tepat. Adapun kita yang tidak terkena tentunya lebih baik mencegahnya.

Berikut cara untuk mencegah Lupus:

  1. Hindari Infeksi

Pencegahan lupus eritematosus sistemik dengan menghindari infeksi. Obat-obatan tertentu yang biasanya dikomsumsi penderita dapat menjadikan pasien lebih mudah terkena infeksi.

Cuci tangan memakai sabun dan air hangat supaya bakteri atau virus hilang. Jangan menyentuh tangan, mulut, atau hidung memakai tangan yang kotor. Konsultasi dengan dokter jika ingin imuninasi atau vaksin.

  1. Mandi Air Hangat

Pencegahan lupus eritematosus sistemik dengan cara mandi air hangat. Pasien biasanya akan mudah terkena nyeri otot dan sendi. Obat pereda nyeri dapat mengatasi keluahan ini. Namun cara mencegah lupus lebih baik dengan memakai cara alami yakni mandi air hangat atau berendam dalam air hangat. Melakukan yoga, tai chi, akupuntur, dan lainnya.

  1. Jauhi Depresi

Pencegahan lupus eritematosus sistemik dengan menjauhi depresi. Pasien penyakit lupus biasa mudah terkena mood buruk. Namun selalu cari solusi supaya kesehatan mental Anda tidak terganggu. Lakukan meditasi, liburan dan lainnya.

  1. Perhatikan Makanan Yang Dikomsumsi

Pencegahan lupus eritematosus sistemik dengan komsumsi makanan sehat seperti jenis buahan, sayuran, dan ikan. Kandungan minyak ikan memiliki asam lemak omega 3 yang meredakan peradangan. Jangan komsumsi makanan dengan kandungan alfafa seperti kecambah dan biji.

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa sinar matahari adalah salah satu penyebab flare, menghindari paparan sinar matahari sangat penting bagi penderita lupus. Jika Anda pergi keluar jangan lupa memakai tabir surya Anda dengan setidaknya SPF 15.

  1. Melakukan Latihan

Merasa kelelahan akibat penyakit bukanlah alasan untuk malas dan meninggalkan olahraga. Latih otot Anda sehingga tidak menyebabkan osteoporosis itu penting. Jangan melakukan latihan berat, tapi pilih yang lebih sederhana seperti cahaya berjalan untuk hanya menggerakkan tubuh Anda sedikit.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi.

Melakukan kebiasaan pola hidup sehat dalam hal makanan dapat mempercepat penyembuhan bagi penderita penyakit lupus. Jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup hal ini menyulitkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang penyakit lupus. Adapun buah yang dapat anda konsumsi:

– Jambu Biji

– Jeruk

– Kelengkeng

– Apel

– Strawberry

– Kiwi

– Tomat

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.