skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Bahaya Penyakit Lupus Dan Komplikasi Penyakit Lupus

Bahaya Penyakit Lupus dan Komplikasi Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit yang menyerang sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh yang harusnya menyerang virus dan bakteri jahat menjadi hilang kendali dan mulai menyerang jaringan lainnya di tubuh.

Dari 4 jenis lupus yang diketahui, systemic lupus erythematosus atau SLE adalah jenis yang paling berbahaya. Jenis tidak hanya menyerang jaringan kulit seperti jenis lainnya, tapi juga menyerang organ tubuh lainnya seperti darah, sendi, ginjal, bahkan jantung.

Lupus dapat menyerang baik laki-laki maupun perempuan. Tapi dari kasus yang ditemukan, kasus pada perempuan lebih banyak. Penyebab kenapa perempuan lebih sering terserang pun masih bersifat hipotesa.

Hormon estrogen pada wanita diduga sebagai penyebabnya. Ini karena virus sering menyebar saat sebelum siklus datang bulan datang. Stres berlebihan, terlalu banyak terpapar matahari, merokok, obat atau bahan kimia tertentu atau infeksi kemungkinan juga menjadi faktor karena hal-hal tersebut sangat bersifat kontradiktif terhadap tubuh.

Gejala Penyakit Lupus

Tanda dan gejala penyakit lupus yang anda alami didasarkan pada sistem tubuh bagian mana yang terkena efek penyakit ini.

  • Lelah
  • Demam
  • Hilang berat badan atau berat badan meningkat
  • Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung
  • Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari
  • Radang pada mulut
  • Rambut rontok
  • Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress (Raynaud’s phenomenon)
  • Napas pendek
  • Nyeri pada dada
  • Mata kering
  • Mudah memar
  • Gelisah
  • Depresi
  • Hilang ingatan

Penyebab Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang muncul ketika tubuh terkena zat asing tertentu, seperti bakteri dan virus, kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal ini menyebabkan peradangan dan kerusakan berbagai bagian tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah dan otak.

Dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan penyakit ini. Penyakit ini seperti merupakan kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Banyak dari mereka dengan kecenderungan turunan mengalami penyakit ini hanya ketika mereka terkena sesuatu di dalam lingkungan yang dapat memicu penyakit ini, seperti obat atau virus.

Penyakit Lupus Dan Komplikasinya

Gejala penyakit ini yang ringan atau terkendali dengan baik biasa tidak terlalu menghambat rutinitas sehari-hari penderitanya. Risiko komplikasi juga mungkin akan menurun. Seiring bertambahnya usia, gejala lupus mungkin akan banyak berkurang. Penderita yang berusia di atas 50 tahun umumnya mengalami hal ini.

Di antara penderita wanita juga ada sebagian yang mengaku kondisinya membaik setelah mengalami masa menopause. Tetapi Anda harus tetap waspada jika menderita penyakit ini. Risiko munculnya kondisi serius dan komplikasi yang mematikan tetap ada. Berikut beberapa komplikasi dari penyakit lupus, antara lain:

  1. Penyakit Ginjal

Jika terjadi pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki setelah Anda divonis mengidap penyakit ini, maka itu adalah tanda bahwa eksresi cairan pada tubuh Anda sudah tidak normal. Ada yang salah pada ginjal Anda.

Pada kasus yang lebih parah, gejalanya sampai urin bercampur darah hingga pasien mengalami gagal ginjal.

  1. Penyakit Jantung

Komplikasi jantung yang paling umum terjadi pada penderita adalah terjadinya infeksi pada selaput pembungkus jantung, penebalan pembuluh darah, dan melemahnya otot-otot jantung.

  1. Penyakit Paru-Paru

1 dari 3 orang penderita akan mengalami infeksi pada selaput pembungkus paru-paru. Jika ini terjadi maka pasien akan merasakan sakit saat bernapas hingga batuk berdarah.

  1. Gangguan Peredaran Darah Darah

Untuk penyakit yang satu ini pada penderita, biasanya tidak ditemukan gejala yang dapat dideteksi secara langsung. Gangguannya antara lain seperti terganggunya distribusi oksigen dalam darah atau berkurangnya produksi sel darah putih, dan anemia.

  1. Gangguan Saraf Dan Mental

Banyak dari penderita lupus yang mengalami susah konsentrasi, cepat lupa, sakit kepala yang sangat parah, khawatir berlebihan, dan selalu gelisah. Hal ini dikarenakan penyakit lupus lama-kelamaan akan melemahkan kerja saraf dan menyebabkan stres pada pasien.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.