skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala, Ragam Jenis Dan Pengertian Penyakit Lupus

Gejala, Ragam Jenis dan Pengertian Penyakit Lupus

Lupus adalah sebuah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, dan penyakti ini lebih sering terjadi pada wanita, walaupun tidak menutup kemungkinan pria pun dapat mengidap penyakit yang satu ini. Penyakit seperti ini biasanya menyrrang mereka yang berusia 15 hingga 50 tahun, tapi ada sedikit kasus, dimana penyakit ini menyerang anak-anak.

Pengertian penyakit Lupus

Penyakit Lupus adalah sebuah penyakit inflamasi kronis, dimana sistem kekebalan tubuh salah menyerang jaringan, bukan menyerang aneka penyakit, melainkan menyerang jaringan dan organ tubuhnya sendiri. Inflamasi yang disebabkan  oleh penyakit ini dapat menyerang berbagai bagian tubuh, seperti daerah persendian, kulit, sel darah, paru-paru, jantung, dal bagian tubuh lainnya.

Penyakit ini lebih sering disebut sebagai penyakit Autoimune. Nama ini diambil, karena sistem imun tubuh, atau kita mengenalnya dengan sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri. Ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri, maka lambat laun berbagai macam sel, jaringan bahkan organ yang awalnya sehat, perlahan menjadi rusak.

Penyebab utama dari penyakit ini, hingga kini belum diketahui secara pasti, namun beberapa pakar beranggapan bahwa pemicu penyakit ini adalah karena faktor genetika serta lingkungan.

Jenis-jenis

  1. Lupus Eritematosus Sistemik

Lupus Eritematosus Sistemik atau systemic Lupus erythematosus / SLE ini adalah salah satu jenis yang paling banyak ditemukan di masyarakat umum. Penyakit ini akan menyerang beberapa jarinagn tubuh dan organ tertentu, dengan tingkat gejala yang cukup beragam, mulai dari ringan hingga parah.

Ketika seseorang mengalami penyakit SLE ini, gejalanya cukup beragam, dan tergantung dari daya tahan tubuh pasien tersebut. Beberapa pasien mengalami gejala yang cukup ringan hingga perlahan parah. Namun dan juga yang berkembang secara perlahan, bertahan lama, lalu hilang dan selang beberapa waktu kemudian kambuh lagi.

Gejala yang biasanya dialami oleh penderita adalah adanya rasa nyeri serta lelah berkepanjangan. Kondisi seperti ini pastinya menghambat rutinitas sehari-hari, itu sebabnya banyak pasien yang kemudian menderita depresi, cemas walaupun dirinya hanya menderita gejala ringan.

  1. Lupus Eritematosus diskoid

Lupus Eritematosus diskoid atau disebut juga dengan discoid lupus erythematosus, disingkat menjadi DLE. Jenis yang satu ini hanya menyerang tubuh di bagian kulit.  Tapi tidak menutup kemungkinan jenis ini menyerang organ tubuh atau jaringan tubuh lainnya.

Penyakit DLE sendiri biasanya dapat dikendalikan dengan menghindari sengatan sinar matahari secara langsung, serta menghindari obat-obatan tertentu. Untuk gejala ketika seseorang menderita penyakit ini adalah adanya rambut rontok, mempunyai pitak secara permanen, mengalami ruam merah berbentuk bulat seperti sisik pada kulit. Ada kalanya sisik ini kemudian menebal kemudian menjadi bekas luka.

  1. Lupus akibat penggunaan obat-obatan

Yang perlu Anda ketahui, efek samping setiap obat pada tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda. Namun ternyata ada lebih dari 100 jenis obat, yang dapat menyebabkan efek samping, mirip dengan penyakit lupus. Kondisi ini memang hanya menyerang pada beberapa orang tertentu.

Gejala yang mirip dengan penyakit lupus ini akan menghilang, ketika orang tersebut menghentikan obat yang dikonsumsinya tersebut, tanpa harus menjalani jenis pengobatan tertentu. Namun sebelum Anda menghentikan obat yang sebelumnya dikonsumsi, ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter terkait.

Ciri dan gejala

Adapun beberapa gejala yang paling umum terjadi, ketika seseorang mengalami penyakit lupus ini adalah ;

–                      Mengalami rasa lelah yang cukup ekstrem. Rasa lelah ini tetap akan muncul, walaupun si penderita sudah beristirahat.

–                      Mengalami ruam pada kulit. Biasanya kondisi ini terjadi pada penerita SLE, dimana ruam ada kulit terutama pada wajah menyerupai sayap kupu-kupu.

–                      Nyeri pada persendian. Beberapa sendiri, terutama pada bagian tangan dan kaki, terasa sangat nyeri, dan rasa nyeri tersebut, biasanya berpindah-pindah dengan signifikan.

–                      Mengalami sariawan yang cukup sering.

–                      Ada kalanya mengalami demam tinggi, hingga 380C atau bahkan lebih.

–                      Mengalami tekanan darah tinggi.

–                      Rasa sakit pada kepala yang berlebihan.

–                      Mengalami pembengkakan pada kejenjar getah bening.

–                      Serta beberapa gejala lainnya.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.