skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Penyakit Lupus, Penyebabnya Dan Pencegahannya!

Pengertian Penyakit Lupus, Penyebabnya dan Pencegahannya!

Penyakit lupus adalah penyakit outoimun atau penyakit menyerang sistem kekebalan tubuh, jaringan dan organ tubuh secara terus menerus sehingga menimbulkan peradangan kronis. Atau penyakit ini sering disebut dengan penyakit peradangan kronis autoimun.

Peradangan yang disebabkan oleh penyakit ini biasanya banyak menyerang bagian tubuh seperti persendian, kulit, ginjal, sel darah, jantung, otak dan masih banyak lagi lainnya.

Penyakit ini ini bukanlah penyakit menular dan sampai saat tim medis masih memperdebatkan penyebab penyakit ini.

Hal ini dipicu karena penyakit ini memiliki kesamaan dengan beberapa gejala yang sama dengan penyakit lainnya sehingga menyebabkan penyakit ini sulit untuk dikenali. Namun sebagian besar penderita akan timbul gejala bercak merah yang berbentuk menyerupai sayap kupu-kupu pada bagian wajah.

Gejala Penyakit Lupus

Gejala penyakit ini sering mirip dengan penyakit-penyakit yang lain sehingga membuatnya sulit untuk didiagnosis. Gejala-gejala lupus sangat beragam mulai dari yang ringan sampai gejala yang mengancam jiwa.

Penyakit lupus memang tidak menular, namun berbahaya dan bahkan sangat berpotensi mematikan. Adapun gejala umumnya yaitu adanya ruam pada kulit, merasa kelelahan, sakit serta pembengkakan pada sendi.

Penyebab Penyakit Lupus

Lupus bisa terjadi pada semua orang termasuk anak-anak dan orang tua, namun penyakit ini paling sering terjadi pada wanita yang masuk ke usia subur antara usia 15 hingga 44 tahun. Sementara laki-laki dan anak-anak juga bisa terkena penyakit ini.

Penyebab lupus sering dikaitkan dengan masalah genetik dan lingkungan. Beberapa orang yang terkena sebenarnya tidak akan menularkan penyakit, tapi banyak penderita yang mengalami penyakit yang sama di sebuah daerah. Hingga saat ini sebenarnya penyebab lupus sebenarnya belum diketahui, namun beberapa pemicu terbesar adalah seperti berikut ini:

1. Terkena paparan sinar matahari

Terkena paparan sinar matahari terlalu lama yang menyebabkan lupus mulai berkembang dari kulit dan mulai menyerang pada bagian dalam tubuh

Infeksi pada bagian luar atau dalam tubuh yang tidak mendapatkan perawatan juga menjadi faktor penyebabnya. Beberapa jenis infeksi penyakit kulit karena luka misalnya, bisa menjadi faktor pemicu namun sama sekali tidak diketahui pemicu yang sebenarnya.

2. Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang di konsumsi secara berlebihan seperti obat anti-kejang, obat tekanan darah, serta antibiotik. Namun jika gejala lupus timbul karena mengonsumsi obat-obatan tersebut, biasanya akan hilang jika berhenti minum obat tersebut.

Meski para pakar kesehatan masih meneliti penyebab penyakit lupus yang paling kuat namun penting diketahui bahwa penyakit yang mematikan ini umumnya menyerang wanita usia produktif, yaitu usian 15-40 tahun. Jadi jika kamu adalah wanita muda yang sedang sakit, namun tidak juga sembuh, besar kemungkinan kamu terkena penyakit ini. Segeralah pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan.

3. Genetika

Mutasi genetika kemungkinan menjadi pemicu penyebab penyakit ini. Gen yang termutasi tersebut umumnya berhubungan dengan fungsi tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Pada mutasi genetik perubahan yang terjadi pada gen DNA dan RNA.

Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa jika salah satu anak kembar identik menderita penyakit ini, maka saudara kembarnya memiliki risiko 25% terkena penyakit yang sama.

Pencegahan Lupus

  1. Aktivitas Fisik

Merasa kelelahan akibat penyakit bukanlah alasan untuk malas dan meninggalkan olahraga. Latih otot Anda sehingga tidak menyebabkan osteoporosis itu penting. Jangan melakukan latihan berat, tapi pilih yang lebih sederhana seperti cahaya berjalan untuk hanya menggerakkan tubuh Anda sedikit.

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa sinar matahari adalah salah satu penyebab flare, menghindari paparan sinar matahari sangat penting bagi penderita lupus. Jika Anda pergi keluar jangan lupa memakai tabir surya Anda dengan setidaknya SPF 15.

  1. Mencatat Gejala

Jika Anda merasa beberapa gejala datang, catat dan teliti apa yang menyebabkan gejalanya. Ini akan membantu Anda meninggalkan penyebabnya untuk tidak mengulangi gejala yang sama lagi. Tentunya ini bisa membuat Anda merasa lebih nyaman, tapi akan memaksa Anda untuk lebih berhati-hati dalam memakan sesuatu.

  1. Konsultasi dengan Dokter

Mintalah dokter Anda untuk mencegah agar lupus Anda menjadi lebih buruk adalah yang terbaik. Karena dia mengerti kondisi Anda, dia bisa memberi nasehat yang bagus agar Anda dapat hidup normal dengan lupus.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.