skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
4 Obat Lupus Untuk Mengontrol Penyakit Lupus

4 Obat Lupus Untuk Mengontrol Penyakit Lupus

4 Obat Lupus Untuk Mengontrol Penyakit Lupus – Penyakit lupus adalah penyakit peradangan kronis yang terjadi kaerna sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjaga dan melindungi kita dari penyakit malah menyerang jaringan dan organ tubuh penderita, hal ini lah mengapa penyakit lupus juga dikatakan sebagai penyakit autoimun kronis.

Kronis sendiri artinya gejala / tanda-tanda penyakit ini bisa terjadi lebih dari 6 bulan bahkan bertahun-tahun. Saya juga telah menyebutkan bahwa penyakit autoimun ini merupakan salah satu kelainan kekebalan tubuh yang menyebabkan penyakit liver.

Penyakit lupus adalah penyakit yang cukup sulit dikenali karena sifatnya yang kadang mirip dengan gejala penyakit lain, hal ini karena peradangan lupus bisa terjadi pada sistem tubuh yang berbeda-beda satu sama lain, diantaranya pada bagian kulit, sendi, ginjal, otak, paru-paru dan jantung.

Hal yang terjadi pada sebagian besar penderita penyakit lupus adalah adanya bercak merah yang bentuknya menyerupai sayap kupu-kupu diwajah, namun aja juga penderita yang tidak memiliki tanda-tanda penyakit lupus ini. Mengenai penularan, lupus tidak bisa ditularkan bahkan dengan hubungan badan / kontak langsung namun ada kemungkinan faktor genetika bisa mengakibatkan lupus.

Gejala-gejala yang umum dijumpai adalah:

– Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.

– Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini

– Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.

– Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.

– Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.

Pengobatan Penyakit lupus tergantung pada tanda-tanda dan gejala yang muncul saja, karena biasanya tidak semua gejala muncul pada seseorang.

Karena lupus merupakan penyakit kronis yang membutuhkan pengobatan jangka panjang, maka gejala dan tanda yang munculpun tidak harus semua diobati karena harus dipertimbangkan dengan cermat mengenai manfaat dan risiko pengobatan (efek samping obat).

Obat lupus yang paling sering digunakan untuk mengontrol lupus meliputi:

  1. Obat Lupus Penekan kekebalan tubuh

Obat Lupus yang menekan sistem kekebalan tubuh dapat membantu dalam kasus-kasus lupus yang berat. Contohnya siklofosfamid, azathioprine, mycophenolate, leflunomide dan methotrexate. Potensi efek samping dari obat lupus ini antara lain: peningkatan risiko infeksi, kerusakan hati, penurunan kesuburan dan peningkatan risiko kanker.

Sebuah obat baru, Belimumab (Benlysta) juga mengurangi gejala lupus pada beberapa orang. Efek sampingnya berupa mual, diare dan demam.

  1. Obat Lupus anti-inflammatory non steroid (NSAID=non steroid anti-inflammatory drugs).

NSAID Over-the-counter atau yang di jual bebas, seperti naproxen dan ibuprofen, dapat digunakan untuk mengobati nyeri, pembengkakan dan demam yang berhubungan dengan lupus. NSAID yang lebih kuat harus dengan resep dokter. Efek samping dari NSAID antara lain: perdarahan lambung, masalah ginjal dan peningkatan risiko masalah jantung.

  1. Obat Lupus Kortikosteroid

Prednison dan jenis kortikosteroid lain digunakan sebagai obat lupus karena dapat melawan peradangan, tetapi sering menghasilkan efek samping jangka panjang – diantaranya kelebihan berat badan, mudah memar, pengeroposan tulang (osteoporosis), tekanan darah tinggi, diabetes dan meningkatkan risiko infeksi.

  1. Obat Lupus antimalaria

Obat yang biasa digunakan untuk mengobati malaria juga digunakan sebagai obat lupus, seperti hydroxychloroquine (Plaquenil), juga dapat membantu mengendalikan lupus. Efek samping bisa termasuk sakit perut dan, sangat jarang, kerusakan pada retina mata.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.