skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Lupus Dan Berbagai Jenis Obat Lupus

Pengertian Lupus dan Berbagai Jenis Obat Lupus

Pengertian Lupus dan Berbagai Jenis Obat Lupus – Lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang terjadi ketika sistem imun menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Hal ini kemudian berdampak buruk pada bagian tubuh yang lain seperti sendi, kulit, paru-paru, ginjal, susunan saraf tubuh serta anggota tubuh yang lain. jenis penyakit ini banyak diderita oleh wanita yang tengah berada pada masa subur.

Banyak wanita yang tengah berada pada usia produktif yaitu 15 hingga 45 tahun terjangkit penyakit lupus akibat serangan bakteri atau virus. Namun walau begitu, resiko tingginya wanita terjangkit lupus dibandingkan dengan pria, secara spesifik masih belum diketahui apa penyebabnya.

Gaya hidup tidak sehat serta adanya faktor genetika merupakan beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit lupus. Untuk itu, mengubah pola hidup agar lebih sehat merupakan salah satu cara mengurangi resiko terjangkitnya penyakit lupus.

Jenis Penyakit Lupus

  • Systemic Lupus Erythematosus adalah tipe yang sering dirujuk orang ketika membicarakan tentang Lupus. Lupus SLE ini adalah versi yang paling berbahaya, karena menyerang organ-orang tubuh secara bersamaan seperti Ginjal, Paru-paru, Jantung, Sistem Syaraf, dan organ-organ vital lainnya.
  • Cutaneous Lupus Erythematosus adalah tipe Lupus yang menyerang kulit saja. Biasanya berupa bercak-bercak merah yang diikuti oleh rasa gatal-gatal.
    Apabila tidak diatasi dengan baik, Lupus tipe ini bisa menyerang organ vital dan berubah menjadi Lupus SLE
  • Drug-induced Lupus Erythematosus adalah tipe Lupus yang disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Mirip dengan kasus alergi obat, yang efeknya bisa hilang ketika penggunaan obat dihentikan.
    Gejalanya mirip dengan Lupus SLE, tetapi tidak menyerang organ dalam. Lupus tipe ini kebanyakan diderita oleh pria.

Gejala-gejala Pada Penyakit Lupus

  1. Keluhan Kulit

Keluhan pada kulit sering terjadi, seperti ruam kemerahan dan muncul bercak merah mirip bentuk kupu-kupu di wajah.

  1. Sakit sendi

Persendian atau tulang di seluruh tubuh terasa nyeri.

  1. Tak tahan matahari

Odapus juga bisa mengalami sensitif terhadap sinar matahari, seperti merasa silau yang berlebihan dan tidak nyaman terkena sinar.

  1. Kelainan neurologik

Terjadi kelainan neurologik atau pada sistem saraf sehingga odapus sering mengalami kejang, jadi pelupa, hingga stroke.

  1. Trombositopenia

Terjadi penurunan trombosit dalam darah.

  1. Leukopenia

Terjadi juga penurunan sel darah putih.

  1. Anemia hemolitik

Mengalami anemia karena meningkatnya penghancuran sel darah merah. Odapus sering merasa lelah.

  1. Kelainan ginjal

Lupus bisa menyerang organ-organ penting dalam tubuh, termasuk ginjal.

  1. Protein dalam urine

Jika menjalani pemeriksaan lebih lanjut, banyak protein yang keluar melalui urine.

Penyebab Penyakit Lupus:

  • Sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab penyakit lupus karena pada orang-orang yang rentan dapat menimbulkan lesi pada kulit yang merupakan gejala penyakit lupus atau memicu respons interna.
  • Obat-obatan. Lupus dapat dipicu oleh beberapa jenis obat anti-kejang, obat tekanan darah dan antibiotik. Orang yang gejala lupus nya timbul ketika minum obat biasanya gejala penyakit lupus tersebut akan hilang ketika mereka berhenti minum obat.
  • Faktor Genetika.Adanya kecenderungan beberapa orang ditakdirkan mengalami lupus dan mengembangkan lupus dalam dirinya.
    Seperti yang telah saya sampaikan, penyebab penyakit lupus belum diketahui secara pasti, namun sebagian orang mengalaminya karena ada faktor genetika.

Obat Lupus Secara Resep dokter, Sebagai Berikut:

  1. Penggunaan Obat Lupus Imunosupresan

Penggunaan obat-obatan seperti azathioprine (Imuran, Azasan), mycophenolate (Cellcept), leflunomide (Arava) dan methotrexate (Trexall) dapat juga digunakan untuk menekan sistem kekebalan tubuh dan mengobati gangguan lupus serta bisa dijadikan Obat Lupus.

Namun, jenis obat-obatan ini dapat menimbulkan efek samping seperti peningkatan risiko infeksi, kerusakan hati, penurunan kesuburan, serta peningkatan risiko kanker.

  1. Obat Lupus dengan Obat Antimalaria.

Alternative lain untuk dijadikan Obat LupusĀ antara lain adalah dengan penerapan obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit malaria, seperti hydroxychloroquine (Plaquenil). Efek samping yang mungkin ditimbulkan antara lain adalah sakit perut , serta kerusakan pada retina mata.

  1. Obat Lupus dengan Anti-inflammatory drugs (NSAID).

Jenis Obat Lupus ini diantaranya adalah naproxen sodium (Aleve) dan ibuprofen (Advil, Motrin IB) yang digunakan untuk mengobati rasa sakit, pembengkakan, serta demam yang terjadi akibat gangguan ini.

Efek samping penggunaan NSAID seperti perdarahan lambung, masalah ginjal, serta peningkatan risiko masalah jantung.

  1. Obat Lupus Kortikosteroid

Penggunaan prednison dan beberapa jenis kortikosteroid yang lain dapat membantu untuk melawan peradangan yang ditimbulkan dari gejala lupus.

Namun penggunaan obat-obatan ini dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan berat badan, mudah memar, osteoporosis, tekanan darah tinggi, diabetes, serta peningkatan risiko infeksi.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.