skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Komunitas Penyakit Lupus Yang Ada Di Indonesia

Komunitas Penyakit Lupus Yang Ada di Indonesia

Lupus adalah penyakit yang sangat berbahaya. Sayangnya banyak sekali dari para penderitanya yang bahkan tidak menyadari keberadaan penyakit ini dikarenakan berbagai gejala yang dideritanya terlalu umum dan luas dan dianggap sebagai gejala dari penyakit lain yang tidak berbahaya.

Sebelum adanya berbagai komunitas lupus banyak orang tak perduli dengan keberadaan penyakit ini. Hal ini dikarenakan lupus yang dianggap sebagai penyakit seribu wajah ini memiliki berbagai gejala yang sangat ‘umum’ sehingga masyarakat yang memiliki pengetahuan yang kurang tentang penyakit ini akan beranggapan bahwa mereka tidak menderita penyakit lupus. Misalnya, gejala yang dianggap terlalu umum ini adalah kelelahan yang berlebihan yang diderita oleh para penderitanya.

Jika mengalami keadaan yang demikian orang awam tidak akan menganggap gejala ini sebagai sesuatu hal yang patut dikhawatirkan dan cenderung beranggapan bahwa hal ini adalah suatu masalah yang tidak akan memberi pengaruh banyak dari segi kesehatan.

Padahal dalam faktanya berbagai gejala yang dianggap ringan tersebut jika dibiarkan bisa mengakibatkan penderita lupus mengalami berbagai penyakit serius yang merusakkan fungsi organ dalam seperti jantung, ginjal, paru-paru, sel darah merah, sel kulit dan sebagainya.

Karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit yang sangat mematikan ini, untungnya saat ini sudah ada komunitas lupus yang muncul di banyak kota-kota besar di Indonesia. Tentunya akan banyak manfaat yang bisa didapat dengan bermunculannya berbagai komunitas semacam ini.

Yayasan Lupus Di Indonesia

Di Indonesia telah banyak berkembang komunitas lupus. Banyak pengurusnya yang justru bukan penderita, hal itu terjadi karena mereka mencintai dan penduli dengan penderita lainya.

Melalui Yayasan Lupus Indonesia (YLI), komunitas ini bergerak dengan tujuan saling memberikan support terhadap penderita dan saling berbagi pengetahuan. Bagi penderita baru, ini sangat berguna untuk pengetahuan mereka yang nantinya berimplikasi terhadap kesehatannya di masa yang akan datang.

Yayasan Lupus Indonesia adalah salah satu komunitas berdiri pada 17 April 1998 dengan legalitas dari Notaris Drs. Atrino Leswara SH. Dengan harapan dengan adanya YLI maka masyarakat akan lebih well-informed dengan lupus dan penyediaan lingkup kesehatan yang memadai untuk penyakit ini dapat diutamakan. Berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas lupus ini adalah program kelompok edukasi bagi Odapus dan keluarganya, kunjungan Odapus di rumah atau rumah sakit, konseling, pelatihan bagi para pendidik dan berbagi pengalaman dengan sesama Odapus.

VISI Yayasan Lupus Indonesia (YLI) adalah membangun kualitas hidup para odapus khususnya, masyarakat umumnya dengan memberikan informasi yang benar dan mengajak masyarakat untuk peduli serta meningkatkan kesadaran akan pengenalan gejala dan konsekuensi kesehatan akan penyakit ini.

MISI Yayasan Lupus Indonesia (YLI) ada dan selalu siap sedia untuk membantu masyarakat, odapus dan keluarga odapus untuk segala informasi tentang penyakit ini.

Maksud dan Tujuan:

  1. Penyuluhan kesehatan terutama mengenai penyakit ini.
  2. Meringankan beban penderita.
  3. Pengumpulan dana.
  4. Memperjuangkan kepentingan penderita.
  5. Mendirikan layanan kesehatan.

Di komunitas lupus, masyarakat akan diajarkan untuk mendeteksi berbagai gejala awal tersebut dan langkah apa yang harus dilakukan jika ada anggota keluarga yang terdiagnosa penyakit ini.

Umumnya jika penderita atau anggota keluarga penderita menemukan lebih dari satu dari gejala tersebut menyerang penderita pada saat bersamaan, maka pasien harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan uji laboratorium untuk mendeteksi kemungkinan menderita sejak dini.

Semakin dini penanganan penyakit ini dilakukan, maka semakin signifikan nyawa pasien tertolong karena dalam tahap awal mungkin belum menyerang organ bagian dalam. Jika terlambat dideteksi maka organ bagian dalam manusia kemungkinan sudah terserang sehingga komplikasi penyakit dalm yang lebih serius dapat terjadi.

Jika hal yang terakhir ini terjadi maka harapan hidup penderita akan semakin menipis dan dibutuhkan dana yang jauh lebih besar untuk mencari obat untuk penyakit ini dengan berbagai komplikasi penyakit yang ada.

Selain YLI, terdapat perkumpulan lokal sesuai daerahnya. Di antaranya adalah Omah Kupu yang merupakan komunitas di Yogyakarta, Griya Kupu yang berlokasi di Surakarta ataupun Persatuan Lupus Sumatera Selatan yang berada di Palembang.

Penyakit ini bukan penyakit kutukan dan juga bukan penyakit ganas yang tidak bisa dikendalikan. Penderita punya hak sama hidup dan beraktivitas seperi masyakarat lainnya. Mereka berhak dikatakan sehat ketika penyakit mereka terkendali.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.