skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Yang Di Timbulkan Penyakit Lupus Dan Cara Mengobatinya!

Gejala Yang Di Timbulkan Penyakit Lupus Dan Cara Mengobatinya!

Lupus merupakan salah satu penyakit kronis autoimun yang terjadi akibat terganggunya sistem kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan kekebalan tubuh yang melemah inflamas sepeperti pada jantung, paru paru , ginjal dan sel darah.

Gejala yang timbul dari penyakit lupus pada umumya seperti:

– Anemia

– Berat badan turun atau berat badan meningkat

– Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipidan hidung

– Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari

– Radang pada mulut

– Mudah memar

– Gelisah

– Pembekakan dikaki atau sekitar mata

– Kerusakan ginjal

– Sariawan- Rambut rontok

– Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress

– (Raynaud’s phenomenon)

– Gangguan pembekuan darah

– Depresi

– Nafas pendek

– Nyeri pada dada saat bernafas

– Mata kering

– Kejang

– Adanya luka disekitar hidung atau mulut

Penyebab Penyakit Lupus

Penyakit lupus dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal tubuh manusia dan lingkungan. Secara umum, faktor penyebab pasti timbulnya penyakit lupus belum diketahui. Berikut penyebab lupus adalah sebagai berikut:

  1. Faktor Internal

Faktor internal Penyakit lupus adalah disebabkan oleh faktor genetika yang menyebabkan adanya kecenderungan anomali pada sistem antibodi yang menyerang bagian-bagian jaringan tubuh. Karena itu, penyakit lupus sering diidentikkan dengan penyakit turunan.

Fakta menunjukkan bahwa penyakit lupus akan lebih beresiko diidap oleh orang dari beberapa ras, seperti Ras Amerika Afrika, Latin, Ras Asia Pasifik.

  1. Faktor Eksternal

Penyebab eksternal lupus terkait erat dengan gaya hidup dan kondisi manusia. Faktor eksternal berarti serangkaian atau satuan penyebab yang merangsang reaksi zat antibodi yang akhirnya menyerang jaringan tubuh. Beberapa penyebab eksternal penyakit lupus adalah:

– Stress berlebihan.

– Penggunaan obat antibiotik seperti amoxilin, ampicilin.

– Sinar ultraviolet matahari, sinar ultraviolet dari lampu,

– dan obat-obatan berbahan dasar sulfa seperti Bactrim dan septra, silsoxazole, tolbutamide.

Cara Mengobati Penyakit Lupus

Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE) tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatan yang tersedia adalah untuk mengurangi tingkat gejala, mencegah kerusakan organ dalam, serta meminimalkan dampaknya pada kehidupan penderita SLE.

Menghindari Paparan Sinar Matahari

Melindungi kulit dari sinar matahari sangatlah penting bagi penderita SLE. Ruam pada kulit yang dialami penderita SLE dapat bertambah parah jika terpapar sinar matahari. Langkah yang dapat dilakukan adalah:

– Mengenakan pakaian yang menutupi seluruh bagian kulit.

– Memakai topi dan kacamata hitam.

– Mengoleskan tabir surya berdosis tinggi agar kulit tidak terbakar matahari.

Meski demikian, tidak semua penderita lupus sensitif terhadap sinar matahari. Ada juga yang tidak perlu menerapkan langkah-langkah di atas.

Pengobatan khusus mungkin tidak dibutuhkan oleh penderita SLE dengan gejala ringan, tetapi mereka umumnya tetap memerlukan obat-obatan untuk menangani gejalanya. Berikut adalah obat-obatan yang mungkin dibutuhkan oleh penderita SLE.

Obat anti inflamasi nonsteroid

Nyeri sendi atau otot merupakan salah satu gejala utama SLE. Dokter mungkin akan memberi obat anti inflamasi nonsteroid untuk mengurangi gejala ini.

Obat anti inflamasi nonsteroid adalah pereda sakit yang dapat mengurangi inflamasi yang terjadi pada tubuh. Jenis obat yang umumnya diberikan dokter pada penderita SLE meliputi ibuprofen, naproxen, diclofenac, dan piroxicam.

Jenis obat ini (terutama, ibuprofen) sudah dijual bebas dan dapat mengobati nyeri sendi atau otot yang ringan. Tetapi Anda membutuhkan obat dengan resep dokter jika mengalami nyeri sendi atau otot yang lebih parah.

Penderita SLE juga sebaiknya waspada karena obat ini tidak cocok jika mereka sedang atau pernah mengalami gangguan lambung, ginjal, atau hati. Obat ini juga mungkin tidak cocok untuk penderita asma.

Selain itu, anak-anak di bawah 16 tahun sebaiknya tidak meminum aspirin. Konsultasikanlah kepada dokter untuk menemukan obat anti inflamasi nonsteroid yang cocok untuk Anda.

Konsumsi obat anti inflamasi nonsteroid dosis tinggi atau jangka panjang dapat mengakibatkan pendarahan dalam karena rusaknya dinding lambung. Karena itu, dokter akan memantau kondisi penderita SLE yang harus mengkonsumsinya untuk jangka panjang dengan cermat. Jika komplikasi ini memang terjadi, dokter akan menganjurkan pilihan lain.

Cara Mengobatisangat banyak dari mulai menjaga asupan makan , tidak terkena matahari , tidak minum obat , saya mempunyai tips resep terapi secara alami simak ya

Ramuan untuk Mengobati Lupus

Ramuan Pertama

– Sediakan 1 genggam daun sambiloto,

– Sediakan 1 genggam daun tapak dara,

– Sediakan jahe merah ukuran 1/3 jari kelingking,

– Jemur semua bahan hingga rata,

– Penjemuran jangan terlalu kering,

– Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.

– Minum 2 kali sehari mudah-mudahan penyakit anda membaik.

Ramuan Kedua:

– Sediakan 7 lembar daun sirsak,

– Cuci lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas,

– Minum 3 kali sehari lakukan secara rutin.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.