skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
9 Gejala Lupus Yang Wajib Kamu Ketahui Sejak Dini

9 Gejala Lupus yang Wajib Kamu Ketahui Sejak Dini

Gejala lupus sangat beragam. Banyak penderita yang hanya merasakan beberapa gejala ringan untuk waktu lama lalu tiba-tiba mengalami serangan yang parah.

Pendeteksian penyakit ini cukup sulit dilakukan karena gejalanya yang cukup beragam. Tidak heran jika dokter menjadi sulit mendiagnosanya.

Lupus umumnya ditandai dengan adanya rasa nyeri pada otot serta sendi. Selain itu, terdapat gejala lain seperti terjadinya demam dan kondisi tubuh yang melemah.

Meskipun gejala penyakit lupus sangat berbeda antara satu orang dengan orang lain dan sangat sulit untuk dikenali,

berikut ini ada beberapa tanda tanda bagi penderita penyakit lupus yang secara umum:

1. Tidak Tahan Terhadap Sinar Matahari

Orang yang memiliki lupus biasanya tidak tahan dengan sinar matahari, karena sinar matahari dapat menimbulkan gejala yang lebih parah.

2. Sariawan

Orang yang mengalami lupus biasanya sering sariawan atau biasa disebut oral ulcers, sariawan ini terjad pada dinding-dinding mulut dan hidung.

3. Rasa Lelah Yang Ekstrem

Inilah gejala paling umum pada lupus yang sering dikeluhkan para penderita. Rasa lelah yang ekstrem sangat mengganggu dan menghambat aktivitas.

Banyak penderita yang menyatakan bahwa gejala ini merupakan dampak negatif terbesar dari penyakit ini dalam kehidupan mereka.

4. Nyeri Sendi, Kaku dan Pembekakan

Peradangan yang terjadi pada sendi membuat tubuh merasa nyeri, kaku dan bahkan bengkak, hal ini juga disebut dengan arthristis.

5. Fenomena Raynaud

Fenomena Raynaud dijelaskan sebagai fenomena yang mengakibatkan jari tangan dan kaki yang berubah menjadi putih / biru jika terkena dingin atau selama periode stress.

6. Ruam Wajah Berbentuk Kupu-Kupu

Gejala lupus yang paling umum adalah adanya ruam ruam berwarna merah yang berbentuk seperti kupu-kupu, dikatakan seperti kupu kupu karena ruam-ruam tersebut membentuk sayap pada kedua pipi dan mengecil ketika ruam melewati hidung ( tubuh kupu-kupu). Jika kamu atau sanak saudara yang mempunyai tanda-tanda seperti ini usahakan langsung berkonsultasi kepada dokter.

7. Discoid Rash / Ruam Klasik

Discoid Rash yang berbentuk seperti lingkaran dimana pada bagain luar ruam berwarna lebih merah dibandingkan bagian tengah. Ruam ini terjadi pada lupus jenis discoid. Ruam ini akan menjadi parah jika terkena sinar matahari

8. Positif ANA (Antinuclear Antibodi)

Titer antibodi antinuklear abnormal dengan imunofluoresensi atau uji setara pada setiap titik waktu.

9. Gejala-gejala Lain yang Mungkin Menyertai

Tiap penderita lupus merasakan gejala yang berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala ringan dan ada yang berat.

Ada beragam gejala lain yang dapat muncul selain yang utama. Tetapi tidak semua gejala tersebut akan dialami penderita. Banyak penderita yang hanya mengalami gejala utama.

Berikut adalah gejala-gejala lain yang kemungkinan dialami penderita:

  1. Demam tinggi (38ÂșC atau lebih).
  2. Tekanan darah tinggi.
  3. Pembengkakan kelenjar getah bening.
  4. Sakit kepala.
  5. Rambut rontok.
  6. Mata kering.
  7. Sakit dada.
  8. Hilang ingatan.
  9. Napas pendek akibat inflamasi paru-paru, dampak ke jantung, atau anemia.

Karena beberapa dari gejala tersebut dapat ditemukan pada penyakit lain, dokter sering melakukan tes diagnostik tertentu dan menganalisis sejarah medis pasien untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya.

Individu yang terkena harus berjaga-jaga bila ada tanda-tanda kambuh, karena lupus cenderung menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu.

Selama bertahun-tahun, tingkat kematian lupus telah menurun secara signifikan karena diagnosis akurat waktu dan ketersediaan obat yang lebih baik.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.