skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
10 Gejala Lupus Yang Wajib Anda Ketahui

10 Gejala Lupus Yang Wajib Anda Ketahui

10 Gejala Lupus Yang Wajib Anda Ketahui – Penyakit Lupus  adalah penyakit autoimun kronis. Penyakit lupus ini dapat merusak bagian manapun dari tubuh. Kronis berarti bahwa tanda-tanda dan gejala lupus cenderung bertahan lebih lama dari enam minggu dan sering selama bertahun-tahun.

Dalam ilmu kedokteran penyakit lupus disebut sebagai Systemic Lupus Erythematosus. Kata lupus berasal dari bahasa Latin yang artinya “anjing hutan”. Istilah lupus mulai dikenal sekitar seratus tahun lalu.

Jenis-jenis Penyakit Lupus

Berikut beberapa jenis penyakit lupus:

  1. Drug-induced lupus

Jenis ini sangat jarang muncul dan sesuai namanya, jenis ini biasanya terjadi karena pengaruh obat jangka panjang. Laki-laki cenderung mengalami lupus ini daripada wanita. Cara pengobatannya bisa menggunakan obat hipertensi berupa hydralazine, dan procainamide untuk mengobati penyakit jantung.

  1. Neonatal lupus

Jenis ini juga jarang terjadi, namun bisa terjadi pada ibu hamil yang kemudian menurunkan antibodi lupus kepada anak-anak mereka ketika lahir. Bayi yang terserang lupus biasanya menimbulkan gejala anemia dan ruam kulit. Hal ini bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

  1. Cutaneous lupus

Jenis lupus cutaneous adalah diskoid, yang paling umum dan dikenali dari gejala kemerahan, tebal, ruam bersisik pada kulit leher, wajah dan kulit kepala. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari, namun ada juga yang bertahan hingga bertahun-tahun. Setelah lupus hilang, akan meninggalkan bekas pada ruam.

Gejala Lupus

Berikut beberapa gejala lupus:

  1. Peradangan Sistem Paru

Gejala Lupus ini sedikit menakutkan mengapa gejala lupus ini menakutkan?. Karena lupus adalah tentang peradangan di dalam tubuh, sistem pulmonal adalah salah satu organ yang terkena dampaknya. Kondisi ini menyebabkan paru-paru membengkak dan pembuluh darah di sekitar mereka juga ikut membengkak, membuat Anda merasakan beberapa masalah pernapasan. Dalam beberapa kasus, diafragma juga bengkak.

  1. Sesak napas

Karena gejala lupus awalh masalah paru-paru, Anda mungkin mengalami sesak napas. Hal ini karena paru-paru yang bengkak membuat sulit bernafas dan hal itu menyebabkan sindrom paru mengecil, suatu kondisi bila ukuran paru-paru menyusut.

  1. Sakit dada

gejala lupus satu ini Masih erat kaitannya dengan sistem pulmonary, tidak hanya bisa mengalami sesak napas akibat menyusutnya paru-paru, namun nyeri dada juga terjadi. Peradangan paru-paru itu sendiri sebenarnya telah menyebabkan nyeri dada saat bernafas, sehingga paru-paru yang menyusut malah membuat kondisi ini semakin dalam.

  1. Luka dimulut

kenapa luka dimulut masuk ke gejala lupus ? Sementara luka mulut bisa menjadi tanda penyakit lain, penyakit lupus dibedakan dari yang lain karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Juga, luka bisa terjadi di dalam mulut..

  1. Kencing abnormal

kencing yang tidak normal menjadi salah satu gejala lupus. Lupus dapat menyebabkan radang pada ginjal dan mengurangi fungsinya. Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, ginjal tidak bisa menyaring protein dengan baik juga. Akibatnya, ada protein yang ditemukan pada urine pasien lupus, yaitu buang air kecil yang tidak normal.

Ini mungkin tidak berbahaya, tapi kehilangan protein di tubuh bisa menyebabkan kaki bengkak saat terjadi terus menerus. Selain itu, radang ginjal bisa memburuk dan menyebabkan gagal ginjal, yang perlu diobati secara medis.

  1. Sakit kepala

sakit kepala merupakan penyakit umum namun sakit kepala sendiri merupakan salah satu gejala lupus. Orang dengan lupus umumnya menderita sakit kepala karena mereka stres oleh penyakit ini. Obat-obatan juga bisa membuat sakit kepala lebih parah dan terkadang sulit dihilangkan.

Kondisi yang lebih buruk adalah kejang yang terjadi saat otak terkena penyakit, karena oksigen tidak ditransfer dengan baik ke sistem saraf. Beberapa gejala lupus lainnya dapat mencakup kebingungan, depresi, dan kecemasan yang disebabkan oleh masalah sistem saraf.

  1. Masalah Pencernaan

Karena lupus memaksa pasien untuk minum obat secara teratur, kadang-kadang menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah dan mual. Mengetahui apakah atau tidak masalah tersebut disebabkan oleh obat-obatan terlarang atau tidak adalah dengan mengetahui kapan mereka pertama kali datang. Jika terjadi setelah Anda mengkonsumsi obat-obatan terlarang, mungkin penyebabnya juga. sebab itulah masalah pencernaan merupakan gejala lupus.

  1. Sakit perut

setelah masalah pencernaan menjadi gejala lupus kemudian selanjutnya lanjut ke gejala lupus yaitu sakit perut. Peradangan peritoneum disertai asites dapat menyebabkan sakit perut. Asites adalah suatu kondisi ketika cairan terbentuk di rongga perut sementara peritoneum adalah bagian dari perut. Ini bisa lebih dari sekedar rasa sakit, tapi bisa juga terjadi pada jenis muntah dan mual.

Kondisi ini juga membuat perut Anda empuk. Namun karena gejala lupus dan pembengkakan semacam itu bisa disebabkan oleh penyakit lain, Anda tidak bisa menilai bahwa Anda hanya menderita lupus karena Anda mengalami perasaan yang sama. Semuanya butuh pemeriksaan kesehatan untuk memastikan.

  1. Masalah Hati

kenapa masalah hati merupakan gejala lupus? Asites yang disebutkan di atas, suatu kondisi saat cairan terbentuk di rongga perut, bisa menyebabkan hati membesar. Selain itu, pembuluh darah di dekat hati bisa menggumpal selama lupus karena peradangan hati akibat lupus.

Apalagi ada juga kemungkinan ikterus yang bisa dilihat dari warna kulit Anda saat sedang berubah kekuningan. Sekali lagi, semua kondisi ini harus diperiksa dengan baik untuk mendiagnosis penyebabnya karena lupus bukan satu-satunya.

  1. Masalah Perut

Salah satu pengobatan lupus adalah NSAIDS. Perawatan ini menyebabkan sakit maag dengan perdarahan sebagai salah satu gejala lupus. Ada juga bakteri yang hidup di perut, yang biasa terjadi pada penderita lupus, yang disebut bakteri helicobacter pylori, yang menyebabkan borok. Ada beberapa solusi untuk kondisi ini dan bisa berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.