skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
6 Ciri Ciri Penyakit Lupus Dan Penyebabnya

6 Ciri Ciri Penyakit Lupus Dan Penyebabnya

Systemic Erithematosus Lupus (SEL) atau yang biasa dikenal dengan istilah Lupus adalah penyakit kronik atau menahun. SLE termasuk penyakit collagen-vascular yaitu suatu kelompok penyakit yang melibatkan sistem muskuloskeletal, kulit, dan pembuluh darah yang mempunyai banyak manifestasi klinik sehingga diperlukan pengobatan yang kompleks.

Etiologi dari beberapa penyakit collagen-vascular sering tidak diketahui tetapi sistem imun terlibat sebagai mediator.

Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab terserangnya seseorang terhadap penyakit Lupus hingga kini belum diketahui, tetapi ada beberapa faktor penyebabnya :

  1. Faktor Lingkungan

Misal infeksi, stres, makanan, antibiotik (kelompok sulfa dan penisilin), sinar ultra violet, dan obat-obatan tertentu.

  1. Faktor Genetik

Mengarah ke genetika yang berhubungan dengan kromosom X, 10% dalam keluarga Lupus mempunyai keluarga dekat orang tua, kakak, adik yang juga menderita.

  1. Faktor Hormon

Diduga sebagai penyebabnya, hormon “estrogen” yang banyak diproduksi kaum perempuan menjadi salah satu penyebabnya. Faktor hormon menjelaskan mengapa kaum perempuan lebih sering terkena penyakit ini dibanding laki-laki.

  1. Faktor paparan Sinar Matahari

Adalah kondisi yang dapat memperparah gejala Lupus. Sinar matahari yang memiliki banyak estrogen dapat mempermudah terjadinya reaksi autoimun pada penderita. Teriknya sinar matahari tropis menjadi faktor pencetus kekambuhan pada pasien yang peka terhadap paparan sinar matahari, di mana dapat menimbulkan bercak-bercak kemerahan di bagian muka.

40-60% pasien LSE sangat rentan terhadap photosensitive. Terkena cahaya Ultra Violet (UV) secara berlebihan dapat memicu serangan dan memperburuk penyakit SLE.

Ciri-Ciri Penyakit Lupus

Berikut beberapa ciri-cirinya :

  1. Fenomena Raynaud

Ini adalah fenomena dimana jari tangan dan kaki berubah menjadi biru atau putih. Kondisi ini terjadi saat kulit terkena flu atau saat merasa stres.

  1. Rambut rontok

Juga disebut sebagai rambut lupus, rambut rontok ini disebabkan oleh peradangan di kulit kepala. Rambut rontok bisa diartikan sebagai rambut yang menipis atau seperti rontok dalam rumpun. Hal ini juga terjadi tidak hanya pada rambut kulit kepala, tapi juga daerah lain dengan rambut seperti jenggot, alis, bulu mata dan banyak lainnya.

Tanda kerontokan rambut lupus bisa disertai dengan kemarahan dan kerapuhan. Rambut juga bisa pecah dengan mudah karena kehilangan kekuatannya. Meski kondisi rambut rontok ini bisa diobati untuk menumbuhkan kembali rambut, dalam beberapa kasus kerontokan rambut bisa jadi permanen karena lesi muncul di kulit dimana rambut tumbuh.

  1. Nyeri Sendi

Lupus menyebabkan pembengkakan di tubuh dan menyebabkan sendi yang menyakitkan. Ini mungkin bukan hanya gejala lupus karena beberapa penyakit seperti arthritis juga ditunjukkan dengan gejala yang sama, namun mencari tahu apa yang diderita dengan berkonsultas dengan dokter mungkin perlu dilakukan.

Rasa sakit di persendian bisa disebabkan oleh pembengkakan atau kekakuan dan perasaan ini bisa datang dan pergi. Biasanya rasanya paling menyakitkan di pagi hari dan rasa sakit bisa terjadi di tempat berbeda, bergerak cepat. Meski sakit pada persendian disebabkan oleh peradangan, lupus bisa membuat kerusakan permanen.

  1. Ruam berbentuk kupu-kupu

Ini adalah gejala lupus yang paling umum, yang dapat dikenali dengan mudah dan menunjukkan bahwa orang dengan ruam tersebut menderita lupus. Ruam jenis ini bisa tiba-tiba terjadi di daerah pipi dan hidung atau hanya bisa muncul saat kulit terkena sinar matahari.

  1. Gatal pada kulit

Tidak hanya demam berbentuk kupu-kupu yang terjadi di pipi, tapi juga gatal-gatal di bagian lain tubuh Anda bisa terjadi sebagai tanda lupus.

  1. Kelelahan

Ini adalah gejala ringan lupus karena orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit tertentu saat merasa kelelahan.

Merasa kelelahan bisa melelahkan dan membuat tertidur. Namun Anda sebenarnya bisa melawan rasa lelah dengan tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan aktif. Tentunya ini tidak nyaman karena tubuh meminta untuk beristirahat saat tidak memberikan apa yang diinginkannya.

Jika yakin Anda tidak akan tidur siang terlalu lama, ada baiknya Anda mencobanya. Masalahnya kebanyakan orang yang tidur nyenyak cenderung tidak bisa tidur di malam hari, yang malah lebih parah lagi. Apalagi, dalam beberapa kasus tidak bisa menyingkirkan perasaan kelelahan meski Anda sudah cukup tidur.

Hal ini bisa mengganggu karena Anda tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara normal. Tingkat kelelahan dari satu orang dengan orang lain mungkin bervariasi, jadi jika merasa kelelahan ekstrem, Anda tidak dapat menahannya, maka temui dokter Anda. Jika kelelahan masih mudah ditangani memungkinkan Anda untuk aktif, Anda sebenarnya bisa mendapatkan energi kembali.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.