skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Penyakit Lupus Menular Dan Jenis Lupus

Apakah Penyakit Lupus Menular dan Jenis Lupus

Pasti di antara kalian sering bertanya-tanya, apakah penyakit lupus menular atau tidak, nah wajib anda ketahui, penyakit lupus bukanlah penyakit yang menular, Penyakit lupus adalah penyakit autoimun, yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang kronis dan membuat sistem kekebalan tubuh menyerang organ tubuh kita. Pada umumnya sistem imun melindungi tubuh dari zat asing yang masuk ke tubuh kita, namun pada kasus penyakit ini, sistem imun ini justru akan menyerang tubuh kita, hal ini disebabkan sistem imun kehilangan kemampuan untuk melihat perbedaan anatara zat asing yang berbahaya bagi tubuh dan sel tubuh sendiri.

Bagian Organ tubuh yang dapat diserang oleh penyakit ini antara lain:

  • Sendi
  • Ginjal
  • Saraf
  • Kulit
  • Mata
  • Selaput lendir
  • Saluran cerna
  • Dll.

Gejala munculnya penyakit ini adalah dengan munculnya bercak merah pada kulit yang menyerupai kupu-kupu pada bagian hidung dan antara kedua pipi. Selain itu gejala yang mungkin muncul adalah nyeri sendi, pembengkakan sendi, sariawan yang tak kunjung sembuh, dan lainnya. Penyakit lupus, sangat sulit didiagnosis, hal tersebut disebabkan gejala yang ditimbulkan antara satu pasien dengan pasien lainnya berbeda, dan tidak ada yang mirip, tergantung bagian tubuh mana yang diserang. Sehingga penyakit ini sering disebut dengan si peniru ulung atau penyakit dengan seribu wajah.

Beberapa Faktor Penyebab Penyakit Lupus :

  1. Infeksi oleh obat
  2. efek radiasi matahari
  3. perubahan hormon pada wanita (saat pubertas, hamil),
  4. genetik

Faktor genetik memang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit ini, namun faktanya hanya 10 persen penderita  yang memiliki riwayat dalam keluarganya. Namun yang pastinya, penyakit ini bersifat photosintetik, sehingga jika terkena paparan sinar matahari bercak merah tersebut akan semakin parah. Penyakit ini merupakan pertarungan seumur hidup, karena penyakit ini bertahan jangka panjang dan harus mendapat pengobatan secara rutin.

Jadi jika di antara keluarga atau teman anda yang menderita, anda tidak perlu khawatir berdekatan atau bersentuhan dengan mereka.  Meskipun demikian jangan pernah anda meremehkan penyakit ini. Penyakit ini sudah banyak memakan jiwa, hal tersebut dikarenakan sampai saat ini belum ada pengobatan secara medis untuk mengatasi penyakit ini.  Hal ini disebabkan karena faktor penyebab penyakit belum jelas, sehingga para ahli kesulitan menemukan obatnya. Pengobatan yang dilakukan sekarang ini terhadap si penderita hanya untuk mengurangi gejala dan peradangannya saja, serta menjaga fungsi tubuh tetap normal.

Ada beberapa jenis penyakit lupus, yaitu:

  • Systemic lupus erythenmatosus

Yaitu jenis yang menyerang bagian tubuh yang vital. Antara lain sendi, kulit, paru-paru, darah dan ginjal. Karakteristik jenis penyakit ini adalah si penderita sering kelelahan, rambut rontok, nyeri sendi, sendi mengalami pembengkakan, demam yang tidak jelas, ruam kulit, dan bermasalah dengan ginjal.

  • Dicoid Lupus

Jenis ini hanya menyerang kulit saja, yaitu ditandai dengan munculnya bercak merah di kulit si penderita yang membuat kulit menjadi bersisik atau berubah warna ke coklat gelap. Ruam ini sering muncul di kulit wajah dan kulit kepala. Kadang-kadang jenis ini akan menyebabkan luka di bagian mulut atau hidung.

  • Drug Induced Lupus

Jenis yang satu ini dipicu karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Gejala yang ditimbulkannya hampir sma dengan jenis  lupus sistemik, namun jenis  ini tidak mempengaruhi organ-organ utama.

  • Neonatal Lupus

Adalah suatu kondisi langka pada bayi yang disebaban oleh antibodi tertentu dari ibu. Bayi yang lahir dengan jenis ini akan memiliki ruam kulit , masalah hati, atau jumlah sel darah merah yang rendah, namun gejala-gejala tersebut biasanya akan menghilang setelah beberapa bulan, dan tidak akan memiliki efek.

Oleh sebab itu jika ada orang yang mengidap penyakit lupus, anda tidak perlu menjauhinya, apalagi mengucilkannya. Sebaliknya, anda dapat membantunya dengan memberi dukungan dan memberi perhatian agar penderita lupus tersebut tidak stress. Faktor makanan juga harus sangat diperhatikan agar tidak memperparah kondisi lupus.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.