skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penularan Lupus Dan Cara Pencegahannya

Penularan Lupus dan Cara Pencegahannya

Penyakit lupus merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang kronis pada bagian sendi, ginjal, kulit, saraf dan bagian tubuh lainnya. Penyakit ini biasanya akan menyebabkan bercak merah pada kulit yang berbentuk seperti kupu-kupu.

Menurut beberapa ahli, penyakit ini merupakan kebalikan dari penyakit HIV AIDS. Jika HIV AIDS tubuh kekurangan antibody sedangkan pada penyakit ini tubuh lebih banyak memproduksi antibody.

Sehingga antibody tersebut malah menyerang organ tubuh lainnya. Penyebab penyakit ini antara lain karena efek sinar matahari, infeksi oleh obat dan lain sebagainya.

Penyakit ini tidak menular karena lupus bukan penyakit menular tapi penyakit autoimun yaitu antibodi tubuh menyerang tubuh sendiri, penyakit ini juga bukan penyakit keturunan yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak.

Walaupun penyakit ini memang genetik memang mempengaruhi kerentanan seseorang untuk terkena lupus namun bukan dalam hubungan kekerabatan antara orangtua dan anak. Pengaruh genetik lebih terkait dengan epidemologi, misalnya orang Asia diketahui 2 kali lebih rentan terkena dibanding orang Eropa.

Penyakit lupus dapat disebabkan oleh faktor genetik, kelainan hormon (terutama hormone estrogen yang menjadi alasan mengapa ada lebih banyak perempuan yang terjangkit penyakit ini), alergi akibat konsumsi obat-obatan tertentu, stress, lingkungan yang kotor, dan infeksi bakteri atau virus.

Tipe Penyakit Lupus

Penyakit lupus terbagi dalam beberapa tipe, antara lain:

  • Lupus eritematosus sistemik
  • Lupus eritematosus diskoid
  • Lupus akibat penggunaan obat.

Gejala-gejala Pada Penyakit Lupus

  1. Gangguan pada ginjal

Gangguan ginjal pada penyakit lupus ditandai dengan ditemukannya Protein dalam air kencing (proteinuria) atau endapan (sediments) yang ditemukan juga dalam urin (ini dapat dilihat di bawah mikroskop).

  1. Gangguan neurologis dan Psychosis

Lupus dapat mengganggu kerja otak dan sistem saraf sehingga dapat menimbulkan sakit kepala, kebingungan, gangguan penglihatan seperti halusinasi, bahkan kejang. – berlaku pada keadaan tidak adanya obat-obatan yang diketahui menyebabkan keadaan ini-

  1. Kelainan dalam Darah

Hemolytic Anemia (anemia karena pecahnya sel darah merah), Low White Blood Cell counts (sel darah putih rendah) atau Low Platelet counts (platelet atau trombosit rendah).

  1. Immunologic Disorders

Gangguan imunitas ditandai dengan sel LE Positif, Anti-DNA: antibodi DNA asli dalam titer normal, Anti-Sm: kehadiran antibodi terhadap antigen nuklir Sm, tes serologi positif palsu untuk sifilis diketahui positif selama minimal 6 bulan dan dikonfirmasi oleh Treponema pallidum imobilisasi atau tes penyerapan antibodi treponema fluoresen

  1. Positif ANA (Antinuclear Antibodi)

Titer antibodi antinuklear abnormal dengan imunofluoresensi atau uji setara pada setiap titik waktu.

  1. Butterfly Rash

Ruam dengan gambaran seperti sayap kupu-kupu, yaitu mengenai kedua pipi dengan hidung sebagai tengahnya (badan) penyebab penyakit lupus malar rash khas pada penyakit lupus

  1. Discoid Rash

Ruam yang cukup “klasik” berbentuk cakram tampak merah lebih jelas dibagian tepi, dan biasanya timbul pada wajah, kulit kepala, dan leher. Ruam ini sering meninggalkan bekas luka. Discoid Rash dapat berdiri sendiri pada penyakit lupus discoid.

  1. Photosensitivity

Ruam-ruam diatas akan timbul atau semakin parah setelah terkena sinar matahari

  1. Oral ulcers

Timbulnya sariawan terus menerus atau hilang timbul, baik di lidah ataupun di bagian mana saja dari rongga mulut.

  1. Arthritis (Radang sendi)

Perdangan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri, memerah, bahkan sampai bengkak.

Cara Mencegah Penyakit Lupus

  1. Pola Hidup Sehat

Pencegahan pertama yaitu dengan melakukan pola hidup yang sehat dan teratur. Contohnya dalam hal makanan. Sebaiknya makanan yang kita konsumsi adalah 4 sehat 5 sempurna. Selain dari makanan, perlu juga diperhatikan aktivitas sehari-hari seperti berolahraga.

Dengan melakukan olahraga minimal 15 menit setiap harinya, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Dalam pola hidup sehat, sebaiknya Anda juga menghindarkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, mengkonsumsi minuman keras ataupun merokok.

  1. Konsumsi vitamin

Selain pola hidup yang sehat dan cek kesehatan, maka berikutnya adalah mengkonsumsi vitamin. Vitamin ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh.

Dengan asupan vitamin memiliki tujuan untuk menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh serta membantu organ tubuh dalam melakukan pekerjaannya.

  1. Cek Kesehatan

Cara kedua yaitu dengan melakukan cek kesehatan atau cek-up. Pada umumnya untuk mencegah dari penyakit dapat memeriksakan kesehatan ke dokter.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah Anda benar-benar sehat. Jika sehat maka dokter tidak akan memberikan obat-obatan. Dengan melakukan cek kesehatan secara rutin, maka dapat mencegah berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.