skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
7 Ciri-Ciri Penyakit Lupus Yang Harus Diwaspadai!

7 Ciri-Ciri Penyakit Lupus Yang Harus Diwaspadai!

Penyakit Lupus merupakan suatu penyakit peradangan kronis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh itu sendiri peradangan akan mengakibatkan terjadi kerusakan dibagian – bagian tubuh yang lainnya.

Orang yang terkena penyakit ini sangat mudah ditebak dari tanda yang paling umum yaitu butterfly rash/ peradangan kulit pada sekitar area hidung yang berbentuk seperti kuku – kupu. Kerusakan tubuh dapat terjadi di bagian organ berikut ini:

  • Kulit
  • Sel darah
  • Paru – paru
  • Persendian
  • Jantung Dan organ yang lainnya

Tipe Penyakit Lupus

  • Systemic Lupus Erythematosus adalah tipe yang sering dirujuk orang ketika membicarakan tentang penysakit ini. SLE ini adalah versi yang paling berbahaya, karena menyerang organ-orang tubuh secara bersamaan seperti Ginjal, Paru-paru, Jantung, Sistem Syaraf, dan organ-organ vital lainnya.
  • Cutaneous Lupus Erythematosus adalah tipe yang menyerang kulit saja. Biasanya berupa bercak-bercak merah yang diikuti oleh rasa gatal-gatal. Apabila tidak diatasi dengan baik, tipe ini bisa menyerang organ vital dan berubah menjadi SLE
  • Drug-induced Lupus Erythematosus adalah tipe yang disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Mirip dengan kasus alergi obat, yang efeknya bisa hilang ketika penggunaan obat dihentikan. Gejalanya mirip dengan SLE, tetapi tidak menyerang organ dalam. tipe ini kebanyakan diderita oleh pria.

Ciri-Ciri Penyakit Lupus

  1. Kulit dan Rambut

Pada kulit akan mengalami yang namanya lesi diskoid yaitu merupakan suatu kondisi yang kronis ditandai dengan peradangan sehingga berdampak pada jaringan tubuh lainnya seperti telinga, wajah, kulit kepala. Dan apabila kulit dan wajah terkena matahari akan mengalami kemerahan yang biasa disebut dengan istilah malar rash.

  1. Kerusakan Ginjal

Kerusakan pada ginjal sebagian besar diderita oleh penyakit ini. Maka diperlukan penanggulangan sejak dini karena awal dari terjadi rusaknya ginjal apabila terdapatnya protein didalam urine. Oleh karena itu dianjurkan untuk memeriksakan urine secara berkala supaya kerusakannya tidak menjadi berat.

  1. Paru

Penderita  juga dipengaruhi dari infeksi yang terjadi pada paru, atau terdapatnya cairan pada selaput paru sehingga penderita akan merasakan sesak nafas.

  1. Sistem Otot dan Tulang

Sering mengalami rasa sakit dan nyeri dibagian persendian. Dan biasanya rasa sakit tersebut dirasakan pada bagian pergelangan tangan dan lutut disertai dengan rasa lemas.

  1. Jantung

Penderita akan mengalami kerusakan jantung yang dimana adanya berupa cairan yang terdapat pada selaput jantung. vegetasi pada katup jantung, perkapuran (aterosklerosis) pada pembuluh darah, dan nyeri pada ujung-ujung jari, sehingga apabila terkena udara dingin akan mengalami perubahan warna menjadi putih kebiruan.

  1. Darah

Sebagian dari penderita sering mengalami anemia. Juga mengalami penurunan jumlah trombosit dan lekosit dibandingkan dengan orang normal. Apabila hal tersebut terjadi maka akan mudah terkena infeksi dan pendarahan.

  1. Susunan Saraf

Terjadinya gangguan saraf, otak dan kejiwaan sehingga mengalami kelainan berupa kejang, kelemahan otot, depresi, gelisah dan stroke

Ciri-ciri penderita penyakit lupus dapat kita presentasikan seberapa besar yang dirasakan dari dampak penyakit tersebut.

  • Nyeri sendi (95%)
  • Demam (lebih dari 38 C) 90%
  • Bengkak Sendi 90%
  • Lemah Badan 81%
  • Kemerahan pada kulit 74%
  • Anemia 71%
  • Kerusakan ginjal 50%
  • Nyeri dada sewaktu bernafas (pleuritis) 45%
  • Malar rash (bercak pada wajah) 42%
  • Fotosensitif 30% – Rambut rontok 27%
  • Gangguan pembekuan darah 20%
  • Fenomena Raynoud 17%
  • Kejang 15%
  • Sariawan 12%

Komplikasi Pada Penyakit Lupus

-Penyakit ginjal

Jika terjadi pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki setelah Anda divonis mengidap, maka itu adalah tanda bahwa eksresi cairan pada tubuh Anda sudah tidak normal. Ada yang salah pada ginjal Anda. Pada kasus yang lebih parah, gejalanya sampai urin bercampur darah hingga pasien mengalami gagal ginjal.

-Penyakit jantung

Komplikasi jantung yang paling umum terjadi pada penderita lupus adalah terjadinya infeksi pada selaput pembungkus jantung, penebalan pembuluh darah, dan melemahnya otot-otot jantung.

-Penyakit paru-paru

1 dari 3 orang penderita lupus akan mengalami infeksi pada selaput pembungkus paru-paru. Jika ini terjadi maka pasien akan merasakan sakit saat bernapas hingga batuk berdarah.

-Gangguan peredaran darah darah

Untuk penyakit yang satu ini pada penderita lupus, biasanya tidak ditemukan gejala yang dapat dideteksi secara langsung. Gangguannya antara lain seperti terganggunya distribusi oksigen dalam darah atau berkurangnya produksi sel darah putih, dan anemia.

-Gangguan saraf dan mental

Banyak dari penderita lupus yang mengalami susah konsentrasi, cepat lupa, sakit kepala yang sangat parah, khawatir berlebihan, dan selalu gelisah. Hal ini dikarenakan penyakit lupus lama-kelamaan akan melemahkan kerja saraf dan menyebabkan stres pada pasien.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.