skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
15 Gejala Penyakit Lupus Yang Wajib Diketahui Sejak Dini!

15 Gejala Penyakit Lupus Yang Wajib Diketahui Sejak Dini!

Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang dapat mengenai kulit, sendi, ginjal, paru, susunan saraf dan alat tubuh lainnya. Gejala tersering adalah bercak kulit, artritis (radang sendi) sering disertai lemah badan dan demam.

Perjalanan penyakit ini beragam dari ringan sampai berat berselang seling kambuh dan baik. Penyakit ini terutama diderita oleh wanita terutama pada masa subur (wanita 10 kali lebih sering daripada pria).

Jenis-Jenis Penyakit Lupus

1. Systemic lupus erythematosus

Lupus ini pada awalnya dapat berefek pada bagian tubuh manapun. Sistem di dalam tubuh yang secara umum terkena adalah sendi, kulit, paru-paru, ginjal dan darah. Ketika pada umumnya orang berbicara mengenai penyakit ini, biasanya adalah systemic lupus erythematosus.

2. Discoid lupus erythematosus

Jenis ini berefek hanya pada kulit. Mereka dengan lupus discoid mengalami ruam pada wajah, leher dan kulit kepala. Sejumlah kecil mereka dengan discoid lupus juga dapat mengalami systemic lupus erythematosus, meskipun tidak mungkin untuk memprediksi siapa saja yang akan mengalami bentuk yang lebih serius.

3. Drug-induced lupus erythematosus

jenis ini terjadi setelah anda menggunakan obat tertentu. Tidak semua orang yang menggunakan obat tersebut mengalami penyakit ini. jenis ini berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh. Tanda dan gejala biasanya hilang ketika anda berhenti menggunakan obat yang menyebabkan jenis ini terjadi.

4. Neonatal lupus

Merupakan bentuk langka dari lupus yang berefek pada bayi yang baru lahir. Ibu degan antibody tertentu yang memiliki hubungan terhadap penyakit autoimun dapat menurunkannya pada bayi mereka –bahkan jika sang ibu tidak memiliki tanda maupun gejala penyakit autoimun tersebut. Neonatal lupus dapat hilang sebelum menunjukkan perkembangannya.

Dalam kasus yang lebih serius dapat menyebabkan masalah pada sistem elektrik jantung (congenital heart block).

Gejala Penyakit Lupus Yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Timbulnya Achy Sendi (arthralgia), Arthritis, dan Pembengkakan pada Sendi.

Gejala ini biasanya terjadi pada beberapa bagian tubuh terutama di daerah pergelangan tangan, sendi kecil tangan, siku, lutut, dan pergelangan kaki. Pembengkakakn ini biasanya terjadi karena masalah pada organ ginjal.

Untuk itu sangat diperlukan untuk memperhatikan kesehatan organ tubuh lainnya agar tidak menyebar dan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya. Penting untuk tau menjaga kesehatan ginjal untuk mencegah gejala  tumbuh dalam tubuh.

  1. Demam Tinggi

Penderita dapat mengalami gejala seperti demam tinggi dengan suhu tubuh dapat lebih dari 100 derajat F (38 derajat C). Tentunya suhu tubuh yang seperti ini sangatlah tidak normal bahkan melebihi suhu tubun sorang penderita demam berdarah.

  1. Timbulnya Rasa Lelah yang Ekstrem dan Berkepanjangan

Seseorang yang memiliki ganggun lupus dapat mengalami penurunan kapasitas tenaga untuk melakukan suatu kegiatan. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa letih dan lemah pada tubuh.

  1. Timbulnya Lesi Kulit atau Ruam

Hal ini dapat timbul di beberapa bagian tubuh seperti pada lengan, tangan, wajah, leher, maupun punggung. Ruam yang terjadi pada wajah biasanya berbentuk layaknya kupu-kupu dibagian kedua pipi dan hidung.

  1. Anemia

Gejala anemia ini terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen yang dibawa darah untuk disebarkan keseluruh bagian tubuh.

  1. Timbulnya Rasa Nyeri di Dada.

Gangguan ini biasanya dapat berakibat pada saluran pernapasan, seperti timbulnya gangguan sesak napas.

  1. Lebih Sensitivitas Cahaya (Photosensitivity)

Penderita akan sangat sensitive apabila terkena paparan sinar matahari. Hal itu dapat memperparah keadaan ruam, serta sensasi kulit yang terbakar.

  1. Rambut Rontok atau Alopecia

Pada penderita, sistem kekebalan tubuh juga dapat menyerang folikel rambut yang pada akhirnya dapat merusaknya dan menimbulkan kerontokan rambut.

  1. Masalah Pembekuan Darah yang Abnormal

Seseorang dengan lupus dapat mengalami masalah pembekuan darah akibat terganggunya sistem peredaran darah dalam tubuhnya.

  1. Raynaud Fenomena

Penderita dapat mengalami kejang pada bagian arteri, terutama di jari tangan maupun jari kaki yang menyebabkan kulit menjadi pucat dan munculnya bercak-bercak yang berwarna merah atau kebiruan.

  1. Kejang

Meskipun frekuensinya sangat jarang, namun gejala lupus dapat mengakibatkan sebagian penderitanya mengalami kejang.

  1. Mulut atau Hidung Bisul

Seorang penderita dapat mengalami gangguan timbulnya bisul atau abses choroidal yang disebabkan oleh penyebaran hematogen dari asteroides N. dari infeksi lokal dari paru-paru (empiema)

  1. Masalah Berat Badan

Seorang penderita dapat mengalami gangguan berat badan, baik itu penurunan berat badan maupun justru mengalami kenaikan berat badan secara signifikan.

  1. Mata Kering

Gangguan lupus dapat ditandai dengan mata penderita yang tampak kering. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sistem kekebalan tubuh penderita. Selain mata, biasanya penderita juga dapat mengalami kekeringan pada bagian mulut.

  1. Mudah Memar, Cemas, Depresi, Sakit Kepala, dan Kehilangan Memori

Seorang penderita biasanya juga dapat memiliki peningkatan terhadap tingkat kecemasan, merasa sering pusing, gangguan memori (ingatan), serta sangat mudah mengalami cidera seperti memar.

Apa Itu LupusCare?

LupusCare adalah Obat Lupus formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit lupus. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat LupusCare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Poliaktide bersifat menyerap dan mengikat sisa residu obat-obatan dan dibuang keluar melalui jaringan metabilisme. Kandungan protein tinggi berfungsi sebagai suplemen energi yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.